Rabu, 07 Oktober 2009

Tanpa Disadari baru kupahami...

Dulu ingin sesuatu pasti ngotot banget minta dibeliin!!
pasti ujung-ujungnya aku kabur dari rumah karena keinginanku ga kesampaian..
lalu kemudian untuk membuatku reda akhirnya mau tidak mau Orang tuaku pasti memberikan..

Seiring waktu hidup berubah.. banyak hal yang berubah,, lingkungan, teman, sahabat, dan keseharianku juga berubah.. sikapku mulai sedikit berubah walau sepertinya keegoisannku masih menduduki tingkat satu dalam hal yang jelek dalam diriku, sikapku yang keras kepala juga menduduki peringkat kedua. Aku masih tetap keke`h dengan apa yang kuinginkan pasti harus kudapatkan!!! tapi tanpa kabur dari rumah ataupun minta sama mama, hanya sekarang aku sedikit berani untuk memperjuangkan apa yang kuinginkan.. (setidaknya ada sisi positifnya).

kadang, untuk mendapatkannya aku tidak terlalu perduli dengan apa yang dipikirkan ataupun apa yang diarasakan oleh orang-orang disekitarku.. apakah itu berpengaruh baik atau malah buruk?? padahal seharusnya aku berpikir, jika pengaruhnya baik,, maka baiklah hal itu untukku,, tapi jika sebaliknya?? pasti banyak orang yang sangat kesal denganku.. jadi teringat mengenai pepatah setiap perbuatan yang kita lakukan pasti ada hukum sebab dan akibat (entah aku dengar darimana tapi aku yakin pernah mendengarnya). jika perbuatan itu baik maka aku mendapatkan hal yang baik dan jika buruk maka dampaknya mudah2an,, tidak terlalu buruk.. (Hehehe).

Memang keegoisan tingkat tinggiku yang membuatku berpikir, "aku harus mendapatkan yang kuinginkan bagaimanapun caranya (tapi halal)". Dan karena keegoisan itu sepertinya pernah ada sesorang yang secara tidak sengaja tersakiti. Kemudian tiba-tiba saja aku merasakan perasaan menyesal yang sangat besar, sampai membuatku tidak bisa tidur tenang dan berpikir aku harus merubah sikapku dan memperbaiki semuanya,, selang waktu berjalan tanpa kusadari akhirnya aku paham dengan yang kurasakan ini, bahwa tidak selalu apa yang kuinginkan itu dampaknya akan baik untukku maupun orang-orang disekitarku..
Dan hal ini menjadi sebuah pelajaran besar untukku, yaitu saat kita dihadapkan pada hal ini, sebaiknya kita terlebih dahulu melihat apakah yang kita inginkan itu berpengaruh baik atau buruk bagi pribadi maupun orang-orang disekitar kita? sepertinya itu tergantung kita yang memilih... who knows??


risma dan tulisan perenungan..
07/10/2009

Tidak ada komentar: